oleh

Pemkab Pamekasan Launching Aplikasi Si Patuh

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melakukan Launching Aplikasi Si Patuh, Senin (14/12/2020), di Gedung Pertemuan Lt II, Kantor Pemerintahan Kabupaten Pamekasan.

Si Patuh adalah sistem pendataan tempat usaha di Kabupaten Pamekasan yang diciptakan untuk membuat pendataan tempat usaha yang akurat, valid dan praktis. Mengingat pendataan tempat usaha di Kabupaten Pamekasan sejauh ini masih bersifat manual dan cenderung tradisional.

“Si Patuh ini adalah bentuk inovasi pendataan yang dilakukan Pemkab Pamekasan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Dengan aplikasi ini, kita akan mudah mengetahui jumlah tempat usaha yang tersebar di Kabupaten Pamekasan, termasuk bisa mengetahui mana tempat yang berizin atau tidak,” jelas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Pamekasan, Agus Mulyono.

Baca Juga:  Khofifah Tinjau Penanganan Covid-19 di Blokagung Banyuwangi

Dengan adanya Aplikasi Si Patuh, tambahnya, Kabupaten Pamekasan bisa memiliki data riil tempat usaha dalam segala sektor, seperti sektor pendidikan, sektor telekomunikasi, dan sektor pariwisata.

“Ada 21 sektor yang menjadi sasaran pendataan dari Aplikasi Si Patuh. Termasuk sektor pariwisata, pendidikan dan lainnya,” imbuhnya.

Katanya, berkat adanya Si Patuh, pihaknya menyebutkan, hampir usaha Cafe di Kabupaten Gerbang Salam ini tidak memiliki izin yang lengkap sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Berkat Si Patuh ini, contoh kecilnya, kami sudah mendapatkan temuan, bahwa hampir Cafe yang ada di Pamekasan tidak memiliki izin yang lengkap,” jelas Agus Mulyono.

Baca Juga:  Pasien Positif Corona di Pamekasan Bertambah

Sehingga, Agus, sapaan akrabnya, meminta kepada pelaku usaha agar segera melengkapi izin usahanya. Tujuannya, biar Pemkab Pamekasan bisa mengetahui secara pasti perkembangan perekonomian masyarakat Pamekasan.

“Kami berharap pelaku usaha segera lengkapi izin usahanya,” tukasnya.

Acara Launching ini dihadiri langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Pamekasan, Moh Tarsun; Perwakilan dari Satpol PP, Dinas Komunikasi dan Informasi, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Camat se-Kabupaten Pamekasan; serta para Surveyor Si Patuh Kabupaten Pamekasan.

Reporter: Zul

Redaktur: A6