Buktikan Cinta Itu dengan Perbuatan

MediaJatim.com, Jember – Wakil Sekretaris PCNU Jember Moch Eksan mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur kepada Allah karena telah ditakdirkan menjadi umat Nabi Muhammad SAW. Umat Islam adalah seuntung-untungnya umat para nabi, karena mendapatkan privilage. Yaitu hak istimewa berupa syafaat beliau yang akan diberikan kepada umat yang dicintainya.

“Kalau ingin dapat syafaat, jadilah kita orang yang dicintai nabi. Caranya kita harus cinta kepada nabi. Buktikan cinta itu dengan perbuatan, mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya,” ucapnya saat berceramah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad di Dusun Sumberlanas, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Jember, Ahad (19/12).

Pentolan IPNU Jember itu menyitir kitab karangan Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy’ari “Tambihatul Wajibat Liman Yashna’il Maulid Bil Munkarat” yang menjelaskan,
bahwa syafaat terbagi lima macam.

Pertama, syafaat yang besar di Padang Mahsyar. Kedua, syafaat bagi umat yang masuk surga tanpa hisab. Ketiga, syafaat bagi umat yang layak masuk neraka, namun batal masuk neraka dan justru masuk surga.

Keempat, syafaat bagi umat pendosa yang masuk neraka, dan dikeluarkan dari neraka dan kemudian dimasukkan ke surga. Dan kelima, syafaat bagi umat yang derajatnya dinaikkan ke surga, walau amalnya tidak sampai pada derajat tersebut.

“Saat di Padang Mahsyar, tak ada nabi yang bisa memberi syafaat kepada umatnya kecuali Nabi Muhammad SAW,” urainya.

Reporter: Aryudi AR