MSFC DISPLAY WEB

Desa Benculuk Prioritaskan Pemerataan Pembangunan

Media Jatim

MediaJatim.com, Banyuwangi – Melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun 2018, Program Pembangunan Pemerintah Desa Benculuk Kecamatan Cluring prioritaskan pembangunan infrastruktur dan program bedah rumah untuk pemerataan dan kesejahteraan masyarakat.

Misbahul Munir Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPK) menjelaskan, program ini dilakukan sesuai Rencana Pembangunan Desa (RPD) yang mengacu ke hasil Muswarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2017.

Hasil tersebut dikerjakan dan direalisasikan melalui program ADD dan DD Tahun 2018 untuk pemerataan pembangunan desa. Pembangunan insfratruktur tersebut antara lain, 6 titik pembangunan jalan paving, 2 titik pembangunan tembok penahan badan jalan, 4 titik pembangunan dreinase, 8 titik program pembangunan bedah rumah dan 12 titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).

Banner Iklan Media Jatim
PJ Kepala Desa Benculuk Sutrisno bersama salah satu warga penerima program bedah rumah

Selain pembangunan fisik, dana yang didapat juga untuk program pemberadayaan masyarakat desa. Sebanyak 40 masyarakat yang memilki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapat bantuan dana usaha masing – masing Rp. 2,5 juta. Sedangkan masyarakat yang tak terkafer di Program BPNT, Pemerintah Desa Benculuk memberikan bantuan berupa sembako. Dana yang direalisasikan untuk warga itu keseluruhan Rp. 25 juta.

Baca Juga:  Gus Afi: Jangan Sampai Kasus Seperti Petamburan Terjadi di Bangil

“Dana ADD dan DD yang kita dapat Tahun 2018 keseluruhannya Rp. 1. 835.070.000, selain untuk pembangunan infrastruktur di semua dusun, dana yang kita dapat juga untuk program pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat desa,” jelas Misbahul Munir.

PJ Kepala Desa Benculuk Sutrisno mengatakan jika program pembangunan ini sudah dikerjakan TPK. Dalam penegerjaannya TPK melibatkan masyarakat yang kurang mampu untuk ikut mengerjakan pembangunan tersebut. Mereka mendapat HOK (Harian Ongkos Kerja) dari dana yang didapat.

“Pembangunan sudah hampir rampung. Semoga ke depan program ini bisa lebih merata untuk akses infrastruktur masyarakat desa, serta menjadikan Desa Benculuk lebih maju dari tahun – tahun sebelumnya,” pungkas Sutrisno.

Baca Juga:  Ketua F-PKB Pamekasan Apresiasi Pemkab Distribusikan Air Bersih Gratis

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman