Mahasiswa dan GP Ansor Gelar Fiqih Lalu Lintas

  • Bagikan

MediaJatim.com, Sumenep – Bertempat di balai desa Gapura Tengah, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Kelompok Kerja Nyata (KKN) Partisipatif Instika Guluk-Guluk bersama PR GP Ansor Desa setempat, menggelar seminar bertajuk fiqih lalu lintas, Selasa siang (30/7).

Kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan pemahaman cara berkendara yang baik dan benar. Diantaranya, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengenakan alat berkendara, seperti helm, yang sesuai standart.

“Seminar fiqih lalu lintas ini, untuk memberikan pemahaman berkendara yang baik dan benar,” tutur Tri Asih Nur Khadijah, ketua KKN Partisipatif Instika Guluk-Guluk pada MediaJatim.com.

Dalam kegiatan ini, tambah Tri Asih, sejumlah pihak yang kompeten menjadi pemateri. Diantaranya Kaur Binops Sarlantas Polres Sumenep, Iptu Maliyanto, kanit dikyasa berserta anggota polsek kecamatan setempat.

Selain itu, hadir pula sebagai pemateri yakni M. Faizi, salah satu dosen yang sekaligus penulis buku celoteh jalanan, yang selama ini juga berperan aktif untuk mensosialisasikan ketertiban berlalu lintas.

Dalam paparannya, M. Faizi menyatakan bahwa sekecil apapun perilaku seorang pengendara di jalanan raya, akan dihitung oleh sang maha kuasa. Oleh karena itu, seorang pengendara harus selalu menaati segala rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan.

Tidak hanya itu, seorang pengendara yang sedang menggunakan jalan raya, harus diniatkan ibadah. Sehingga saat menggunakan jalan tidak seenaknya saja, melainkan juga memperhatikan kepentingan dan keselamatan pengendara lain.

Sementara itu, ketua PR GP Ansor Desa Gapura Tengah, Aribudin, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, sosialisasi berkendara yang baik dan benar, memang harus terus digalakkan untuk mengurangi prilaku-prilaku menyimpang di jalan raya.

“Ini penting, bagus, minimal untuk mengingatkan kita bersama bahwa berkendara bukan seenak kita saja di jalan. Ada rambu-rambu dan hak pengendara lain yang harus kita hormati,” tuturnya.

Sebagai kenang-kenangan, Satlantas Polres Sumenep memberilan helm SNI sebagai bentuk kepedulian berkendara yang baik dan benar. Dua helm SNI tersebut diserahkan langsung oleh pihak kepolisian kepada ketua PR GP Ansor dan salah satu peserta kegiatan.


Reporter: Holis

Baca Juga:  Lestarikan Singkong, Mahasiswa KPM IAIN Madura Gelar PUK

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat