oleh

Mahasiswa UMM Amalkan Gerakan Al-Ma’un di Lokasi KKN

MediaJatim.com, Malang – Ahad (19/1/2019), tiga kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yakni kelompok 13, 14 dan 15 berkolaborasi mengimplementasikan Gerakan Al-Ma’un atau berupa Bakti Sosial (Baksos) di Panti Asuhan Ar-Rahman, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang.

Gerakan yang dimaknai peduli terhadap kaum dhuafa dan anak yatim-piatu ini dipelopori Divisi Sosial Budaya dari tiga kelompok tersebut.
M. Rudi, mewakili pelaksana kegiatan tersebut menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN UMM terhadap anak-anak panti asuhan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN UMM terhadap anak-anak panti asuhan,” jelasnya.
Di tempat tersebut, lanjut Rudi, pihaknya memberikan bantuan secara materil maupun non-materil.

Baca Juga:  Alumni Al-Mukhlisin Berikan Kegiatan Serial Edukatif Untuk Adik Tingkatnya

Rudi membeberkan, ada sekitar 27 anak yang teridiri dari usia TK, SD, SMP, MA, hingga mahasiswa di panti asuhan tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Mahmud selaku TPL, Ketua Panti Asuhan, Halik, dan seluruh pengurus panti asuhan Ar-Rahman.

Acara ini diwarnai dengan pembacaan Al-Qur’an, sambutan ketua panitia, sambutan TPL, dan sambutan ketua panti asuhan. Panitia pelaksana juga menyediakan segmen hiburan edukatif, seperti kuis dan nyanyi bersama.

Acara ini ditutup dengan beberapa kalimat motivasi dari Koordinator Desa (Kordes), Rudi, selaku KKN kelompok 15 Desa Kromengan.

Ketua Panti Asuhan, Halik mengaku, bersyukur dan berterima kasih kepada KKN UMM yang telah berkunjung ke panti asuhan dan bisa mengajak anak-anak untuk bahagia bersama.

Baca Juga:  Kwarran Larangan Hadirkan Kader Pramuka Masa Depan

“Kami sangat bersyukur dan tentunya berterima kasih kepada KKN UMM yang telah berkunjung ke panti asuhan dan bisa mengajak anak-anak untuk bahagia bersama,” ujarnya.

Ia berharap, KKN UMM bisa memberikan cerita tentang pengalaman dan juga memberi motivasi kepada anak-anak asuhnya agar selalu bersemangat dalam belajar.

Maulana, salah satu anak panti setempat mengaku, senang bisa disambangi mahasiswa KKN UMM. “Saya senang sekali kakak-kakak datang ke sini. Kami sangat terhibur karena bisa main kuis bareng, makan-makan bareng, dan juga terima kasih motivasinya yang sangat memberi kami semangat itu,” katanya.

Reporter: Gafur

Redaktur: Zul