Sirkuit Tes SIM C Polres Sumenep Juga Telah Berubah, Warga Sebut Lebih Mudah Ditaklukkan

Media Jatim
SIM C
(Ahmad Daifi Al Farrozi/Media Jatim) Proses ujian praktik SIM C menggunakan lintasan huruf S di Satlantas Polres Sumenep, Rabu (9/8/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Desain sirkuit uji praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C di Satlantas Polres Sumenep telah resmi berubah sejak Senin (7/8/2023) kemarin.

Salah seorang peserta uji praktik SIM C di Sumenep, Fairuzy Fauzan (23) mengatakan, sirkuit melengkung membentuk huruf S ini ternyata lebih mudah untuk diujikan dibandingkan lintasan berbentuk angka 8 yang dulu digunakan.

“Karena desain sirkuit ini lebih ada jarak untuk belok dan lebih masuk akal dari pada model sirkuit angka 8,” tuturnya, Rabu (9/8/2023).

Disebut masuk akal, kata Fairuzy, karena tikungan di sirkuit tes praktik SIM C yang baru ini lebih banyak ditemukan di jalan.

Baca Juga:  RSUD Smart Pamekasan Rilis 3 Penyakit Terbanyak Diderita Warga, Gagal Jantung di Peringkat Pertama

“Saya sangat mengapresiasi adanya sirkuit baru ini. Ini menandakan pak polisi mendengar keluhan masyarakat tentang tes SIM C,” ujarnya.

Banner Iklan Media Jatim

Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Alimuddin Nasution menerangkan, perubahan ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang menyatakan bahwa sirkuit angka 8, yang dulu digunakan itu, memang sangat dikeluhkan oleh peserta ujian.

“Lebar sirkuit yang baru ini juga mengalami penyesuaian. Lintasan yang awalnya sempit dengan ukuran lebar 1,5 kali lebar kendaraan, kini diperluas menjadi 2,5 kali lebar kendaraan,” jelasnya, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga:  Bawang Mas Tanggung Biaya Kuliah 25 Mahasiswa STAIFA Pamekasan

Alimuddin menambahkan, perubahan lintasan ujian praktik SIM C ini juga merupakan tindakan proaktif dari Korlantas Polri untuk terus meningkatkan kualitas ujian dan memberikan banyak pemahaman untuk warga tentang keselamatan berkendara.

Dengan adanya perubahan bentuk dan perluasan lintasan ini, Alimuddin berharap para peserta ujian dapat mengikuti tes dengan lebih tenang dan memberikan dampak positif dalam kesadaran berkendara di jalan raya.(mj17/faj)