MSFC DISPLAY WEB

Tradisi Unik, Rokat Ditentukan Lewat Mimpi Sesepuh

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Kamis (09/11) kemarin, pukul 16.00 sampai 17.30 waktu setempat, berlangsung pelaksanaan Rokat Sungai Tambak Agung yang berlokasikan di Dusun Grujugan, Desa Grujugan, Larangan, Pamekasan.

Rokat ini terbilang unik karena diadakan tidak secara terjadwal, melainkan melalui mimpi sesepuh yang kediamannya dekat dengan Sungai Tambak Agung setiap tahunnya.

“Warga sekitar mempercayai mimpi sesepuh itu, sehingga para warga kampung kompak berbondong-bondang menuju sungai tersebut,” terang salah satu anak sesepuh, Muhari.

Tujuan diadakan Rokat yang setiap tahun ini, untuk mengharap rezeki hujan yang akan diturunkan oleh Allah SWT, lebih normal dan lancar, agar juga aliran air di Sungai Tambak Agung lebih bisa digunakan secara sempurna, tambah Muhari.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Komitmen Tingkatkan Pembangunan SDM

Puraksa yang kerap dipanggil Buk Emmi selaku sesepuh mengatakan pelaksanaan rokat ini tidak tentu harinya, tanggalnya bahkan bulannya.

Banner Iklan Media Jatim

“Rokat ini dilaksanakan sesuai dengan mimpi, misalkan kalau nanti malam saya bermimpi, maka besoknya langsung dilaksanakan rokatnya,” ungkap Puraksa.

Tanda-tanda mimpi untuk melaksanakan setiap tahun tidaklah sama, kadang melihat ayam putih digoreng bersama orang yang sedang ngaji, kadang juga melihat kambing yang sedang berdiam diri di sungai itu, imbuhnya.

Senada, salah satu warga Dusun Grujugan, Arsina, mengatakan bahwa kepercayaan rokat tersebut, memang dipercayai warga dusun ini bahkan dusun-dusun yang lain di Desa Grujugan mulai dulu sebagai ritual yang akan mendatangkan rezeki.

Baca Juga:  Yulia Agustin, Model Cantik yang Ingin Harumkan Kota Kelahirannya

Diketahui, dalam rangkaian pelaksanaan rokat ini, juga dilaksanakan acara Hotmil Qur’an yang ditempatkan langsung di pinggir sungai Tambak Agung Grujugan.

Reporter : Moh. Kurdi

Redaktur: Sule Sulaiman