Arif Afandi Kembali Pimpin DMI Kota Surabaya

  • Bagikan

MediaJatim.com, Surabaya – Arif Afandi terpilih secara aklamasi untuk kembali memimpin Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Surabaya periode 2019-2024 dalam Musyawarah Daerah (Musda) yang berlangsung di PrimeBiz Hotel Surabaya, Minggu (20/10/2019).

Dalam sambutannya, Arif Afandi menyebut bahwa Nabi Muhammad membangun peradaban baru di Madinah melalui masjid. Oleh karenanya, ia mengajak semua pihak untuk mengikuti apa yang pernah dilakukan Rasulullah tersebut dengan cara ikut serta menjadikan Masjid sebagai sebagai pusat Peradaban yang ikut menyebarkan nilai-nilai kekotaan.

“Karena itu pengelolaan masjid perlu mengikuti perubahan yang terjadi di sekitarnya. Di era industri 4.0 sekarang ini, cara memakmurkan masjid perlu mengikuti arus digital yang sedang berkembang. Biar jamaahnya makin banyak dan masjidnya menjadi makmur,” katanya.

Ia juga berharap ada keselerasan program dengan pemerintah Kota Surabaya. “Karena itu, kami sangat senang Musda kali ini dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Kota Surabaya. Dengan demikian kita bisa saling mengisi,” tuturnya.

Baca Juga:  LP Ma'arif Bondowoso Ikut Prihatin Atas Meninggalnya Guru di Sampang

Ketua PW DMI Jawa Timur, H. Roziqi dan Kepala Kementerian Agama Surabaya, Drs. Husnul Maram yang hadir dalam kesempatan tersebut juga mengemukakan harapan yang sama. Roziki berharap kepengurusan baru yang terpilih bisa bersinergi untuk mewujudkan 10 program unggulan PP DMI. Salah satunya adalah menjadikan masjid sebagai pusat layanan kesehatan dengan mendirikan Klinik Pratama bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Sementara itu Husnul beraharap DMI berperan untuk menjadikan masjid di Surabaya sebagai tempat penyabaran Islam ramah. “DMI perlu juga perlu melakukan pembinaan kepada masjid-masjid sekolah, kampus, dan kantor-kantor,” tuturnya.

Dalam kesempatan Musda kemarin juga ditandatangani MOU (Memorandum of Understanding) antara DMI Kota Surabaya dengan CIMB Niaga Syariah. Kerjasama itu menyangkut upaya pembinaan manajemen keuangan masjid dan mengenalkan kemudahan berinfak dan bersedekah melalui perbankan.
Musda berlangsung secara meriah dan lancar.

Baca Juga:  Penyakit Akut Orang Madura Menurut Achsanul Qosasi

Sebanyak 31 utusan dari kecamatan se Surabaya itu selain dihadiri Ketua PW DMI Jawa Timur,dan Kepala Kementerian Agama Surabaya, juga dihadiri oleh Ketua MUI Kota Surabaya, KH. A Muchid Murtadlo, Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony dan anggota DPRD Surabaya, Imam Syafi’i. Hadir pula pimpinan ormas Islam mengirimkan utusannya. Misalnya dari PCNU, PD Muhammadiyah, PC Muslimat NU, dan PD Aisyiyah.

“Kami akan melaporkan hasil Musda ini ke Ibu Walikota karena ingin program kami nanti selaras dengan program-program Pemerintah Kota Surabaya,” tegas Arif Afandi.

Reporter: Ubaidillah

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat