Peringati Hari Lingkungan Hidup 2023, PLN UID Jawa Timur Kampanyekan Motor dan Mobil Listrik di Sumenep

Media Jatim
PLN Jawa Timur
(Dok. Media Jatim) Konvoi motor dan mobil listrik pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup yang digelar PLN UID Jawa Timur bersama Pemkab Sumenep di Taman Adipura, Minggu (11/6/2023).

Sumenep, mediajatim.com — PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar konvoi sekaligus kampanye penggunaan motor dan mobil listrik untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup, Minggu (11/6/2023).

Konvoi ini diikuti Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto, General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran, Manager PLN UP3 Pamekasan Feri Asmoro Hermanto bersama jajaran, Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan masyarakat setempat.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menerangkan bahwa di daerahnya sudah banyak warga yang menggunakan motor dan sepeda listrik.

“Ini hasil dorongan dari PT. PLN. Kita sendiri sudah menggunakan motor listrik sejak 2021. Saat kita sosialisasikan waktu itu saya masih ingat pemakainya hanya lima orang,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemkab Sumenep Sambut Idulfitri 1444 H dengan Gema Takbir di Depan Labang Mesem

Politisi PDIP itu menargetkan, pada 2024 mendatang, minimal 20 persen dari total pemilik kendaraan di Kabupaten Sumenep sudah menggunakan motor listrik.

“Kendaraan listrik ini lebih efisien, mendorong ketahanan energi masa depan, ramah lingkungan, ini penting menurut kami untuk menuju go green ke depan,” terang Fauzi.

PLN Jatim
(Dok. Media Jatim) Penyerahan bantuan dari PT. PLN kepada pegiat lingkungan di Kabupaten Sumenep, Minggu (11/6/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Distribusi PT PLN Adi Priyanto mengatakan akan mendukung apa yang dicanangkan Bupati Sumenep tersebut.

“Kami sudah testimoni, masyarakat mengaku merasakan manfaat yang luar biasa. Pertama, penghematan. Kedua, untuk mendorong perbaikan lingkungan, dan masyarakat Sumenep ingin motor listrik semua, ini luar biasa,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, PLN bersama Pemkab Sumenep juga melakukan penanaman pohon. “Ini untuk kelestarian lingkungan,” tambah Adi.

Baca Juga:  Peringati Hari Lingkungan Hidup, PT BSI Tanam Ratusan Pohon Cemara Laut

Jika nanti warga menggunakan motor listrik, lanjut Adi, mereka tidak perlu bingung bagaimana cara dan di mana tempat mengisi dayanya.

“Bisa dilakukan di rumah untuk pengisian dayanya. Tetapi apabila perjalanan jauh, kami menyediakan pengisian di seluruh kantor PLN termasuk juga untuk mobil listrik,” paparnya.

Selain konvoi dan tanam pohon, PLN dan Pemkab Sumenep juga melapas satwa burung di Taman Adipura setempat untuk menambah keindahan taman.

Pada kegiatan yang dipusatkan di sebelah timur Taman Adipura itu juga ada penyerahan bantuan untuk pegiat lingkungan, penyerahan 500 bibit pohon dan bagi-bagi door prize.(*/ky)