oleh

HMI Komisariat Insan Cita IAIN Madura Bakal Adakan Kelas Jurnalistik

MediaJatim.com, Pamekasan – Kader HMI diharapkan tidak hanya pintar dalam teori. Tetapi juga mampu dalam menguasai soft skill yang dimiliki.

Dengan demikian, dalam upaya mencetak calon jurnalis muda, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pamekasan Komisariat Insan Cita IAIN Madura bakal mengadakan kelas jurnalis insan cita yang dibuka untuk seluruh kader HMI Se-Nusantara.

Kegiatan yang diprakarsai Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) ini akan dilaksanakan melalui live streaming Youtube Yakusa Dot Id pukul 19.00 WIB pada Selasa, (21/4/2020) depan.

Ketua Umum HMI Komisariat Insan Cita IAIN Madura menjelaskan, bahwa pembelajaran dalam penulisan berita sangat penting bagi kader HMI yang saat ini telah memasuki era digital.

“Kelas jurnalistik ini untuk menggali potensi menulis kader HMI khususnya dalam penulisan berita dan masuk kedalam salah satu pengkaderan penunjang di HMI, karena mahasiswa ini merupakan salah satu agen informasi yang bersifat independen, jadi tugas kita yakni memberikan informasi yang lurus kepada masyarakat.” Jelasnya.

Baca Juga:  Tolak Bayar UKT, Mahasiswa Seruduk Kampus IAIN Madura

Lebih lanjut pria yang karib disapa Toriq itu mengungkapkan, adanya kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan jurnalis-jurnalis yang profesional dan bisa memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

“Seluru kader HMI yang mengikuti kegiatan ini khususnya kader HMI Komisariat Insan Cita semoga nanti dapat aktif menulis dan handal dibidangnya, Tak lupa juga 99% kader HMI Komisariat Insan Cita nanti semoga semakin sering menulis di blog HMI Komisariat Insan Cita IAIN Madura.” Imbuhnya.

Selain itu, Hal senada juga diungkapkan Ketua Bidang KPP, Ali Wafa mengatakan, tujuan dilaksanakannya agenda ini sebagai bentuk upaya untuk melahirkan calon-calon jurnalis yang tetap menjaga idealismenya dalam situasi maraknya hoaks saat ini.

“Agenda ini selaras sekali dengan temanya. Yang mana kami hanya ingin melahirkan insan pers yang memperjuangkan idealisme pribadinya dengan tetap menjunjung tinggi lima kualitas insan cita idealis dalam rimpun pers itu sendiri, terlebih ditengah situasi darurat covid-19 ini banyak berseliweran informasi yang sejatinya adalah hoaks,” kata Ali Wafa.

Baca Juga:  Merasa Dibandingkan, Rektor Kosim Beberkan Program Beasiswa IAIN Madura

Ali Wafa juga berharap, seluruh kader HMI yang mengikuti kegiatan ini bisa mengikuti secara maksimal meskipun via online.

“Semoga bisa mengukuti dengan baik sehingga outputnya nanti mampu memerangi informasi hoax bersama-sama ditengah darurat Covid-19 ini, pun setelahnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, kelas jurnalis insan cita ini akan dilaksanakan dalam beberapa pertemuan sebagai berikut:
Pertemuan 1: Materi Pengantar Jurnalistik
Pertemuan 2: Tehnik Reportase dan Cara Menulis Berita
Pertemuan 3: Praktek dan Penugasan
Pertemuan 4: Pendampingan dan Pendalaman.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul